• 58Aset
  • 7Berita
  • 0Jadwal
  • 0Pengumuman
Berita Detail
Kurangnya SDM Pengelola Barang, Kendala Bagi Pemkot Bogor

Untuk menciptakan pengelolaan barang milik daerah yang lebih baik dan profesional, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bogor menggelar Sosialisasi Sistem dan Prosedur Pengelolaan Aset Daerah. 
 
Acara yang dihadiri oleh jajaran Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Bogor beserta camat dan pimpinan BUMD ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Bogor, Bambang Gunawan pada Kamis (23/6/2011).

Sosialisasi akan digelar selama 4 hari, masing-masing pada Kamis 23 Juni, Senin 27 Juni, Selasa 28 Juni dan berakhir pada Kamis 30 Juni 2011 mendatang. Rangkaian acara ini bertempat di Bukit Gumati Batutulis Bogor Jalan Drs. R. Saleh Danasasmita No. 165 Bogor.

‚¨SPengelolaan Barang milik daerah saat ini sudah menjadi fokus perhatian semua pihak, terutama pihak pemeriksa dan legislatif,‚¨ż ungkap Kepala BPKAD, Sudradji dalam laporan di awal acara. 

Diakuinya bahwa saat ini yang menjadi kendala dalam pengelolaan barang adalah kurangnya SDM serta manajemen dan dokumentasi yang belum tertata dengan baik.

‚¨SKarena itu keberadaan sistem dan prosedur pengelolaan barang milik daerah ini menjadi satu upaya penataan manajemen pengelolaan barang milik daerah di Kota Bogor,‚¨ż lanjutnya.

Sudradji berharap lewat sosialisasi ini semua peserta dapat memahami tugas, wewenang, dan tanggung jawabnya atas pengelolaan barang milik daerah yang digunakan dalam pelaksanaan tupoksi masing-masing.
Sekretaris Daerah Kota Bogor, Bambang Gunawan, yang  membuka acara menyampaikan bahwa pengelolaan barang milik daerah lebih sulit dibanding pengelolaan keuangan. ‚¨SKarena itu pembinaan dalam sosialisasi ini harus benar termasuk dalam mekanismenya,‚¨ż ungkap Bambang. 

Sehingga selepas sosialisasi ini bisa timbul kesamaan pemahaman antar pengurus dan pengelola barang di tiap-tiap SKPD.

Sosialisasi yang berlangsung selama empat hari ini diikuti berbagai elemen di lingkup Pemerintah Kota Bogor. Di hari pertama, pimpinan SKPD yang menjadi audiens. 

Sementara di hari ketiga hingga keempat masing-masing yang menjadi audiens adalah pengurus barang, penyimpan barang, dan lurah se Kota Bogor.  Pemateri yang akan hadir diantaranya Sekretaris Daerah Kota Bogor, pejabat dari Kementerian Dalam Negeri. 

Penyusun PP 6 Tahun 2006 dan Permendagri 17 Tahun 2007, Kepala BPKAD, serta Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian Aset serta Kepala Bidang Penatausahaan dan Penggunausahaan Aset pada BPKAD Kota Bogor

Back